Saturday, 28 March 2015

Laptop Atau Notebook Mati Sendiri

Advertisement
Selamat siang para sobat blog uya sur. Hari ini admin akan membagikan pengalaman dan tutorial cara mengatasi laptop /notebook tiba-tiba mati sendiri.  Beberapa dari kita pasti pernah mengalami hal seperti ini. Nah sebelumnya saya akan jelaskan dulu penyebabnya. Ketika kita menyalakan laptop ataupun notebook, entah kenapa sebelum logo windows maupun sesudah logo windows laptop atau notebook kita tiba-tiba saja mati. Terkadang saat sudah menyala dan kita mencoba menjalankan sebuah musik atau video, laptop atau notebook mati lagi. Kemudian saat kita tekan tombol power lagi, laptop tidak menyala sama sekali atau tidak ada respons apapun.

Nah permasalahan seperti itu sebenarnya harus kita selesaikan. Jika tidak, kesehatan dari laptop notebook kita akan menurun dan akhirnya mengakibatkan mati total. ada beberapa cara mengatasinya. Namun jika kerusakan terjadi di dalam laptop atau notebook tersebut. kita harus paham cara membuka Casing notebook atau laptop tersebut dan memperbaikinya. Sebelumnya kita akan coba mengatasinya terlebih dahulu.

Cara pertama, Cek Baterai dan Charger.
Hal pertama yang harus kita lakukan adalah melakukan cek baterai laptop atau notebook kita. cobalah lepas baterai dan hidupkan menggunakan charger power supply laptop. Apabila menggunakan charger laptop atau notebook permasalahan masih belum bisa di atasi. maka kita lanjutkan dengan membuat Listrik Normal.  Caranya lepaskan baterai dan charger dari laptop notebook kita. lalu tunggu beberapa jam atau kalau bisa, tunggu selama 1 hari.  Setelah itu tekan dan tahan tombol power sambil memasang baterai. Nah biasanya laptop atau notebook kita akan kembali pulih. Jika permasalahan belum juga hilang. gunakan charger lain yg mempunyai tipe sama. bisa saja charger rusak. jika masih belum bisa di atasi, lanjutkan cara ke dua di bawah ini.

Cara kedua, Cek Komponen RAM .
Apabila cara pertama sudah kita lakukan dan laptop atau notebook telah normal, maka kita tidak perlu melanjutkan cara kedua ini. tapi apabila laptop atau notebook tersebut normal lalu kembali mati, maka kita harus melakukan cek pada Memori RAM (random access memory) kita. ujilah laptop atau notebook kita dengan memori RAM yang lain. bisa saja memori tersebut mempunyai kerusakan yang tidak bisa ditemukan (setengah rusak). Apabila masalah telah berhasil diperbaiki. Maka saya ucapkan selamat buat kamu. he...

Cara ketiga, Lepaskan Komponen.
Apabila permasalahan laptop notebook kita masih belum hilang, cobalah untuk melepaskan satu per satu komponen yg ada dan mudah di raih oleh tangan, seperti cd/dvd laptop (kalau ada), harddisk, dan network card.  Nah apabila komponen telah dilepas dan laptop atau notebook kembali menyala, maka kita telah berhasil memperbaiki laptop dan notebook mati.

Nah itulah beberapa cara untuk memperbaiki laptop atau notebook kita yg mati sendiri. Apabila kita sudah menggunakan cara diatas namun masih mengalami permasalahan tersebut. maka kita harus bawa ke service center terdekat untuk melakukan analisa lebih lanjut. Karena tidak memungkinkan bagi kita membuka Casing laptop atau notebook kita sendiri. kecuali kamu paham dan tahu caranya. kalau sampai salah dalam membuka Casing laptop atau notebook tersebut, bisa saja terjadi permasalahan lain, seperti kabel putus, Casing patah, kabel layar tidak terpasang dengan benar, kabel keyboard Konslet, kegagalan hardware dan sebagainya. Untuk menghindari hal yang tidak di inginkan. Maka saya sarankan bawa saja ke service center terdekat. Demikianlah pembahasan kita tentang laptop atau notebook mati sendiri. Sampai bertemu di artikel admin yang lain dan salam hangat dari admin. Tak lupa saya ucapkan, semoga ilmu ini bermanfaat buat kamu.
Recent Posts

    No comments:

    Post a Comment

    Masukkan Komentar anda disini. mohon maaf, Link Aktif yang ada di dalam komentar akan terhapus secara otomatis oleh system blog ini.
    komentar akan di tampilkan setelah disetujui oleh admin. terima kasih