Cara memasang widget alexa rank terbaru di blog

Dalam FAQ yang saya baca, ternyata widget alexa masih bisa dipakai dan dipasang di blog kesayangan kamu. Nah bagi kamu yang belum tahu dengan widget alexa, maka saya akan jelaskan kepada kamu. Widget Alexa rank adalah sebuah kotak yg isinya berupa info blog atau website kita. info tersebut memberi tahu kita tentang urutan Rank blog dan website kita di alexa. Makin banyak yang mengunjungi blog dan website kita, maka ada harapan rank kita naik dalam urutan tertinggi  di alexa.

Di bawah ranking, ada link yang disebut sebagai backlink yang memberikan kita info tentang jumlah blog atau website kita yang di pasang oleh pemilik blog atau website yang lain. Jadi ketika orang mengunjungi blog dan website kita yang melalui tempat yang lain, maka alexa otomatis akan mendeteksi dan menambahkan jumlah link tersebut ke dalam info website dan blog kita. tapi perlu kamu ingat, alexa tidak sembarangan menambahkan jumlah URL . hanya URL tertentu yang bisa dihitung.

Rank kita yang berada di website alexa juga sangat penting untuk menunjukkan kepada para pengunjung atau pembaca artikel kita bahwa blog atau website kita berkualitas. Nah sekarang kamu sudah tahu tentang widget alexa. Sekarang saya akan memandu kamu cara pasang widget alexa di blog dan website kamu.

Dalam tutorial ini, saya akan bagi menjadi 2 tutorial. Sebenarnya ada 3 cara, tapi cara yang ke 3 hampir mirip dengan cara kedua, perbedaannya hanya pada login. Karena itu saya hanya menjelaskan  2 cara memasang widget alexa di blog layanan yang diberikan oleh blogger. cara yang cepat dan lambat. Mari kita mulai dari cara yang cepat.

Cara pasang widget alexa dengan cepat:
 1. pilih salah satu kode di bawah ini lalu copy kode tersebut.

<a href="http://www.alexa.com/siteinfo/yoursite.com"><script type="text/javascript" src="http://xslt.alexa.com/site_stats/js/t/a?url=yoursite.com"></script></a>

<a href="http://www.alexa.com/siteinfo/yoursite.com"><script type="text/javascript" src="http://xslt.alexa.com/site_stats/js/s/a?url=yoursite.com"></script></a>

Catatan : ganti tulisan berwarna merah dengan URL Blog kamu.

2. login ke akun blog kamu.

3. pilih menu tata letak > add widget atau tambahkan gadget  > html/javascript.

Catatan : Html/javascript adalah widget yang bisa di isi dengan kode html/javascript.

4. pastekan kode yang telah kamu dapatkan sebelumnya ke dalam widget text Html/javascript. Lalu klik tombol simpan. Lihat di blog kamu, jika kotak alexa sudah terlihat maka kamu telah berhasil memasang widget alexa di blog kesayangan kamu.

Nah, itu tadi cara cepat. Sekarang kita lanjutkan ke cara yang lambat. Untuk cara lambat ini, kamu diharuskan mendaftar atau login dengan Facebook kamu termasuk mengklaim blog kamu. Untuk cara mendaftar di alexa, akan saya tuliskan di artikel saya yang lain. Mari kita mulai cara yang kedua.

Cara pasang widget alexa yang membutuhkan login :
 1. kunjungi www.alexa.com

halaman utama alexa
halaman utama alexa

2. klik sign in untuk login menggunakan akun Facebook atau alexa milikmu.

login dengan email atau akun FB
login dengan email atau akun FB

3. di halaman dashboard, klik "add my site" untuk menambahkan blog kamu.

halaman dashboard alexa
halaman dashboard alexa

Catatan : menurut pengalaman saya, akun free hanya boleh mengisi 1 URL saja. Jadi jika kamu punya 2 – 3 blog. Maka diharuskan upgrade akun. Contoh blog saya bisa kamu lihat melalui gambar di bawah ini.

4. di info blog kamu, klik menu “site management” dan kemudian pilih claim site.

claim site untuk verifikasi
claim site untuk verifikasi

5. di halaman claim site, pilih metode yang ke 2. Lalu copy kode yg telah diberikan kepada kita. setelah itu, paste ke dalam blog kita di menu template > edit Html. Pastekan kode meta verifikasi alexa milik kamu setelah  tag <head> dan klik tombol simpan template. Setelah selesai, kembali ke halaman alexamu lalu klik verify my id. Jika url blog kamu tertulis claimed, maka kamu telah berhasil melakukan verifikasi blog kesayangan kamu di alexa.

copy kode verifikasi alexa
copy kode verifikasi alexa

menu template
menu template

edit Html untuk memasukkan kode alexa
edit Html untuk memasukkan kode alexa

pastekan di bawah tag head
pastekan di bawah tag head

Catatan : sebenarnya ada 3 metode yang bisa digunakan untuk melakukan verifikasi, tapi karena metode yang ketiga membutuhkan upgrade plan. Maka hanya 2 metode yang bisa digunakan. Tapi tetap saja, kita hanya membutuhkan salah satu metode untuk melakukan verifikasi terhadap blog kesayangan kita.


blog kita telah di verifikasi
blog kita telah di verifikasi

Setelah blogmu di verifikasi, saatnya mendapatkan widget alexa. Pilih salah satu kode yang telah saya tuliskan sebelumnya, dan paste di blog kesayangan kamu. Dengan cara lambat ini, maka kamu bisa melacak rank dan jumlah backlink blog kamu dengan mudah. serta memberi kemudahan bagi  perayap alexa menghitung dan merayapi blog milikmu. Demikian pembahasan kita tentang cara mendapatkan dan memasang widget alexa di blog kesayangan kita. sampai berjumpa lagi di artikel admin yang lain dan salam hangat dari admin uya sur.

Comments