Saturday, 21 March 2015

Mengenal Pemograman Dasar PHP

Advertisement
Hai para sobat blog uya sur, selamat siang dan selamat beraktifitas. Hari ini bang admin akan menjelaskan tentang pemograman dasar Php. Kita tahu bahwa Hampir semua website dan blog menggunakan kode Pemograman PHP. Dengan PHP, kita bisa membuat sebuah halaman dinamis seperti yang kalian lihat di Facebook,  wordpress dan wikipedia yang menggunakan kode pemograman Php.  mari kita mulai penjelasan tentang php agar kamu semua mengenal  pemograman Php.

Mengenal Php
PHP adalah singkatan dari Personal Home Page dan merupakan sebuah piranti  yang dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. dan pada waktu itu Php dikenal
dengan nama FI (Form Interpreted). Php biasa digunakan untuk membuat sebuah aplikasi web yang dijalankan melalui browser seperti chrome, mozilla firefox, Opera, Internet Explorer dan sebagainya. Apabila kamu menelusuri dunia internet menggunakan mesin pencari, kamu akan melihat beberapa situs website dan blog yang merupakan sebuah aplikasi web. Sebagai contoh,  php digunakan untuk menangani email, penyediaan informasi, pencarian  ebook dan pembuatan website atau blog. Selain itu, Php juga digunakan untuk hal lain seperti pembuatan halaman dinamis,  kotak form login, dan penanganan proses logout dari sebuah aplikasi web.

Cara Menuliskan kode Php
Php bisa dituliskan melalui program editor text biasa yang disebut notepad. bagi kamu yang ingin menuliskannya di program editor text yang lain. Baca Artikel saya tentang Aplikasi editor pemograman terbaik. Kode php harus di tuliskan dengan penulisan tanda <?php dan diberi tanda penutup ?> . Hal ini dilakukan agar web server bisa mengenali bahwa kode yang kita tulis itu adalah Php.  alternatif lain tentang penulisan kode, bisa kamu tuliskan seperti ini <? dan ?> sebagai penutup kode. Namun saya sarankan untuk menuliskan kode tersebut dengan lengkap.  sebab tidak semua web server bisa menerima kode <? Dan ?> . itu karena setting konfigurasi php yang ada pada masing-masing web server. Lihat contoh penulisan kode Php di bawah ini. Saya simpan dengan nama index.php

<?php
Echo (“halo dunia”);
Echo “halo dunia”;
?>

Saat kamu buka file index.php tersebut, maka hasil yang keluar di browser kamu adalah “halo dunia” tanpa tanda kutip. Karena saya menulisnya 2. Maka hasil yang ditampilkan juga 2.  Echo di php  adalah kode program yang memerintahkan web server untuk menampilkan data yang ada di dalam echo tersebut. Bahasa perintah sederhananya ialah “tampilkan halo dunia”  di pengguna web browser yang meminta halaman/file tersebut. tanda koma di akhir program adalah perintah untuk mengakhiri baris kode program tersebut. tanpa tanda koma, program php akan mengalami error karena tidak di akhiri saat menuliskan kode di baris baru.

Komentar Di Php
Terkadang kita sebagai seorang programer bisa lupa dengan apa yang kita tuliskan dalam program Php. maka dari itu dibuatkan sebuah perintah kode bernama komentar yang tidak akan diproses di dalam mesin php. contoh penulisan komentar bisa kamu lihat di bawah ini.

// ini adalah komentar 1 baris. Apabila kamu tekan enter pada editor programmu. 
// kamu harus menuliskan tanda ini lagi untuk komentar baris ke 2.
# ini sama dengan penjelasan komentar yang di atas.

/* ini adalah komentar yang tidak akan berhenti sampai kamu tutup dengan kode tag penutup */ 

Penjelasan kode tersebut.

Kode komentar  //  dan  #
komentar yang hanya bisa dituliskan dalam 1 baris. Apabila kamu membuat baris baru (Enter), maka kamu harus menuliskan tanda itu lagi. Jika tidak ditulis, maka baris kedua akan dianggap sebagai kode yang akan diproses mesin Php dan mengakibatkan error.

Kode komentar tag pembuka  /* dan tag penutup */
digunakan untuk menuliskan komentar yang panjang. Selama belum ada tag penutup dari kode tersebut, maka semua kode yang masuk di dalam tag pembuka akan di anggap komentar oleh Php dan semua kode tersebut tidak akan di proses oleh mesin Php. demikianlah penjelasan saya tentang komentar Php.

Variabel Php
Variabel (variable) adalah sebuah penyimpan data sementara di dalam Php. data-data yang disimpan merupakan sebuah nilai value. Nilai atau value tersebut bisa berupa teks, bilangan angka, array dan sebagainya. Contoh penulisan variable biasanya di awali dengan tanda $ . dibawah ini contoh penulisan kode program variable di Php.

<?php
// contoh penulisan variable untuk menyimpan data
/*
 saya sengaja menulis kode komentar ini agar kamu bisa ingat kembali dengan apa yang telah kita pelajari sebelumnya.
Komentar sangat berarti di dalam pemograman .  berkat komentar kamu bisa bekerja dengan sesama tim kamu.
*/
$contoh = “”; //isi variabel kosong, namun bisa kamu isi dengan string (text) atau angka dan sebagainya.
$contoh = “aku,kamu, dia”; /* isi variabel berupa tipe string (text). Didalam string sebuah tanda titik dan koma tidak mempengaruhi kode program asalkan masih didalam tanda kutip. */
$contoh_angka = 0; // untuk angka, kamu tidak perlu menambahkan tanda kutip. Karena jika kamu tambahkan tanda kutip, variabel yang ada didalam contoh_angka akan dianggap sebagai string.
If($contoh_angka < 100) {
$contoh_angka ++; //contoh angka akan ditambah 1 dan diulang terus hingga mencapai 100.
}
Echo $contoh; // hasil yang keluar adalah aku, kamu, dia.
Echo $contoh_angka;  /* hasil yang keluar adalah 100, jika kamu tuliskan di dalam looping if. Maka hasil yang keluar berupa 1 sampai 100, tambahkan string “<br />” di akhir. Maka angka yang muncul akan tersusun rapi sampai kebawah. */
?>

Penjelasan tentang variabel
Sebuah variabel mempunyai kode pengenal yang bertanda $ . nama variabel boleh apa saja namun harus tetap mengikuti aturan yang ada di PHP. dibawah ini adalah aturan-aturan penulisan variabel di dalam Php.

1. nama variabel tidak boleh sama dengan kode perintah php atau kode global php.

2. nama variabel harus di awali dengan tanda $ dan huruf, jika nama variabel di awali dengan angka, maka php akan error.

3. nama variabel  yang panjang bisa menggunakan tanda _ (underscore) untuk menyambung variabel. Sebagai contoh yang saya tuliskan sebelumnya yaitu $contoh_angka.  Nama variabel di dalam php tidak boleh ada spasi.

4. apabila nama variabel yang ditulis sama. Maka nilai dari isi variabel yang sebelumnya ditulis akan ditimpa dengan nilai dari isi variabel yang baru.

Itulah aturan-aturan php tentang variabel yang saya ketahui dan pelajari. Kamu bisa langsung ke situs resminya untuk melihat aturan dan kode php yang lain. Mungkin untuk penulisan kode program php yang lainnya akan saya tuliskan di artikel saya yang lain. Demikian pembahasan kita tentang mengenal dasar pemograman Php. semoga kamu paham dengan apa yang saya jelaskan disini. Dan ternyata saya masih ingat dengan kode Php yang pernah dipelajari dulu. Hehehe...

Sebagai tips dari saya, semua orang pasti pernah melakukan kesalahan dalam menulis program di php. namun jangan pernah berhenti dalam belajar pemograman php. belajar dari kesalahan adalah jalan menuju sukses. Sampai bertemu lagi di artikel admin yang lain dan salam hangat dari admin.
Recent Posts

    No comments:

    Post a Comment

    Masukkan Komentar anda disini. mohon maaf, Link Aktif yang ada di dalam komentar akan terhapus secara otomatis oleh system blog ini.
    komentar akan di tampilkan setelah disetujui oleh admin. terima kasih