Cara Membuat Menu Daftar Isi Otomatis Untuk Blog

Selamat pagi para sobat admin blog uya sur. kali ini saya akan membahas tutorial cara membuat daftar isi atau sitemap untuk blog kesayangan kamu. Daftar isi atau sitemap biasanya di letakkan di halaman tersendiri yang memberikan kita sebuah info tentang semua laman artikel milik kita.  bukan hanya itu, daftar isi juga berguna agar mesin pencari dengan mudah melakukan crawl pada website kita agar cepat terindex. itu karena daftar isi mirip dengan sitemap webmaster.

Daftar isi atau peta situs berguna untuk menampilkan seluruh posting yang penting untuk di index oleh mesin pencari seperti google, yahoo, bing dan msn. Selain menggunakan submit sitemap di webmaster dan mengatur robot.txt, kita juga bisa menggunakan daftar isi di blog untuk memberikan detail kepada pengguna dan mesin pencari untuk melakukan index yang detail dan spesifik pada blog kita. Tapi akan lebih baik jika daftar isi di setting dengan benar agar lebih lengkap.

membuat daftar isi ala uya sur
membuat daftar isi ala uya sur

Mari kita mulai cara membuatnya.
Pertama: login ke akun blogger kamu.

Kedua: buka menu laman dan buat laman baru.

Ketiga: copy paste kode yang telah saya tuliskan ke dalam editor laman blog kamu. mode editor harus Html agar bekerja dengan baik. Kalau dalam mode compose maka kode sitemap tidak akan bekerja dengan optimal atau hanya menampilkan halaman kosong.

Update: apabila kode lama yang kamu pakai tidak berfungsi, saya sudah menggantinya dengan kode yang baru di bawah ini.


<script src="https://cdn.rawgit.com/uya91/yosuyasur/master/sitemap(uyasur).js"></script><script src="http://uyasur.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>

Catatan : ganti tulisan yang berwarna merah dengan url blog kamu. Untuk tipe scroll, Copy paste kode di bawah ini.


<div style="overflow:auto; border: 1px solid #000000; margin: auto; padding: 3px; width: 100%; height: 500px; background-color: none; text-align: left;"> <script src=" https://cdn.rawgit.com/uya91/yosuyasur/master/sitemap(uyasur).js"></script><script src="http://uyasur.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script></div>

Setelah selesai simpan atau publikasikan laman yang baru telah kamu buat tadi. Kemudian lihat di blog. Jika sudah terlihat. Maka kamu telah berhasil membuat sitemap atau daftar isi yg otomatis dibuat setiap kamu menerbitkan posting baru.

Catatan : kamu tidak perlu setting apapun pada laman daftar isi (sitemap) kamu karena setiap kamu menulis artikel baru akan terupdate secara otomatis.

sitemap sangat membantu agar para pengguna yang mengunjungi blog kita bisa mencari post kita, saya rasa daftar isi ini sebagai navigasi yang cocok untuk kita. Demikian pembahasan kita tentang cara membuat daftar isi atau tabel konten (sitemap) otomatis untuk blog kesayangan kita.

Comments