Cara Membuat Situs Dari Layanan Google Sites

Tutorial cara membuat situs website atau blog dari layanan google sites. Sebelum saya mulai cara membuatnya, saya akan jelaskan kepada kamu tentang yang satu ini. Situs google adalah layanan gratis untuk kita para pemula yang ingin mencoba membuat situs website atau blog. fitur manajemen nya pun mudah dan hampir sama seperti kita membuat sebuah dokumen pada "microsoft word"  atau "microsoft frontpage".

Layanan ini sangat cocok untuk kita yang tidak tahu dengan dasar kode program. Dilengkapi dengan fitur penyisipan gambar dan lain-lain. Begitulah sejauh pengetahuan dan pengalaman saya dalam mencoba google sites. Sekarang karena kamu sudah tahu, mari kita mulai panduan cara membuatnya. Sebagai catatan, kamu harus punya akun google untuk bisa menggunakan layanan ini.

Pertama: kunjungi website resminya di https://sites.google.com

Kedua: bila muncul kotak login. Silahkan login dengan akun google kamu.

Ketiga: pada halaman utama google sites, klik tombol buat untuk memulai proses pembuatan  website atau blog yang baru untuk  kamu.

halaman utama google sites
halaman utama google sites

Keempat: pada bagian pertama, gunakan pilihan default yaitu template kosong.

default setting pembuatan situs
default setting pembuatan situs

Kelima: namai situs kamu, lalu kemudian isikan url website atau blog kamu. Setelah itu pilih tema yang kamu inginkan termasuk  termasuk mengatur opsi lainnya. Setelah selesai, isikan kode captcha yang terlihat di bagian bawah. Lalu klik tombol buat pada bagian atas layar atau halaman google sites.

pengisian info untuk membuat situs
pengisian info untuk membuat situs

Catatan : nama situs dan url situs tidak boleh sama. Kedua form ini juga tidak boleh sama dengan nama yang ada pada email kamu termasuk data akun email kamu.  Apabila sama maka akan muncul kesalahan yang mengharuskan kamu untuk mengganti nama dan url tersebut.

untuk kembali ke situs yang telah kita buat sebelumnya. kunjungi kembali google sites tersebut. maka situs kamu sudah ada dalam daftar list baru.

Demikianlah pembahasan kita tentang cara membuat situs dari layanan google sites. Selain menggunakan layanan blogger dari google, kamu juga bisa menggunakan layanan google sites ini.

Comments