Sunday, 22 March 2015

Mengenal Dasar Pemograman HTML

Advertisement
Hari ini bang admin ingin mengenalkan kalian tentang dasar pemograman yang umum kepada kalian. Nama pemograman ini adalah Html. Seluruh pemograman web biasanya di dasari oleh kode Html, baik itu Php, Xml, Jquery, maupun javascript. Jadi Html adalah dasar-dasar dari seluruh kode pemograman aplikasi web.

Html merupakan kepanjangan dari Hyper Text Markup Language yang digunakan untuk membuat sebuah aplikasi web . Html adalah program standar untuk pembuatan web internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World  wide Web Consortium (W3C).
Html dibuat oleh Calilau Tim dan Berners-lee roberts ketika mereka masih bekerja di CERN pada tahun 1989. CERN sendiri adalah lembaga penelitian fisika energi tinggi di jenewa.
Itulah Html. Sekarang mari kita belajar membuat kode Html.

Dasar Kode Html
Html mempunyai 4 tag dasar yang penting. Html harus disimpan di dalam file yang berformat .html . namun html juga bisa disimpan ke dalam format lain yang khusus untuk pemograman aplikasi Web. html juga sangat kompatibel dengan pemograman lain seperti Php. xml, jquery,dan javascript.
Dasar penulisan Html haruslah dimulai dengan tag Html. Sebagai contoh <html> . kemudian di ikuti dengan 2 tag wajib lainnya. Tag-tag tersebut harus ditutup di akhir penulisan kode. Contoh tag penutup html adalah </html>. 4 tag dasar yang penting dalam penulisan html adalah sebagai berikut.

<html>
  <head>
    <title> ini adalah title web</title>
   </head>
 <body>
Isi konten kita
 </body>
</html>


Penjelasan kode diatas.

<html></html>
Seperti sebuah dokumen kosong, tag Html adalah keseluruhan/rangkuman dari  sebuah kertas kosong yang siap di tulis oleh kita. untuk penulisan yang baru, biasanya tag kode html akan ditulis seperti ini <!DOCTYPE html> .

<head></head>
Tag head digunakan untuk membuat judul dari dalam dokumen yang siap kita isi sebelumnya. head digunakan untuk memberikan informasi yang lengkap dari dokumen yang akan kita tulis, seperti judul dokumen, bahasa dokumen, informasi tentang pemilik dokumen, penggunaan Css/warna dokumen, dan informasi lainnya. Di dalam aplikasi web, tag head merangkum semua informasi tersebut tanpa harus menampilkannya kepada seorang pengguna browser dan hanya khusus di proses oleh web server untuk mengenali tipe dokumen tersebut.

<title></title>
Tag title digunakan untuk membuat sebuah judul yang boleh ditampilkan ke pengguna browser dari dalam tag head sebelumnya.  Sebagai contoh lihat gambar di bawah ini.

tag title html
tag title html

<body></body>
tag body digunakan untuk mengisi dokumen yang kita buat dan merupakan tubuh dari isi artikel  yang ada di dalam dokumen kita. disini kita bisa menambahkan tag yang lain untuk pengaturan tulisan. Ada tag <p></p> untuk merangkum tulisan kita menjadi 1 paragraph. Ada juga tag <b></b> untuk menebalkan tulisan kita. <br /> sebagai baris baru dan sebagainya.

Nah itulah dasar pemograman Html. Agar kalian lebih mengerti, lihat contoh gambar yang saya buat di bawah ini. Gambar yang saya buat merupakan struktur dari kode yang telah kita buat sebelumnya.

keseluruhan layout Html
keseluruhan layout Html

Demikian pembahasan kita tentang Html. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin sekali belajar kode pemograman Html. Sampai bertemu lagi di artikel admin yang lain dan salam hangat dari admin.
Recent Posts

    No comments:

    Post a Comment

    Masukkan Komentar anda disini. mohon maaf, Link Aktif yang ada di dalam komentar akan terhapus secara otomatis oleh system blog ini.
    komentar akan di tampilkan setelah disetujui oleh admin. terima kasih