Friday, 20 March 2015

Penjelasan Tentang Error 404 Page Not Found

Advertisement
Hari ini admin akan membahas tentang error 404 atau page not found yang ada di website atau blog kita. sebagian dari kita pasti pernah menemui yang namanya halaman 404 atau page not found saat mengunjungi website atau blog yang kita kunjungi. Nah pasti kalian bertanya-tanya tentang halaman tersebut dan kenapa bisa terjadi hal seperti itu. Hari ini kita akan tahu tentang halaman tersebut.

Penjelasan Error 404 atau page not found :
Pesan galat 404 atau page not found sebenarnya untuk memberitahukan bahwa apa yang kita minta tidak ada di dalam server. Bukan berarti httpd
tidak merespons permintaan kita namun httpd memberitahukan kepada kita bahwa request yang kita minta tidak ada atau di hapus oleh pemilik website maupun blog tersebut.  Sebagai contoh,  teman kita memiliki sebuah kotak berisi 3 buah kertas bertulisan 1,2 dan 3. disini teman kita sebagai httpd server yang merespons jika kita meminta sesuatu darinya. Dan kita sendiri sebagai client (browser) yang meminta atau request.

Ketika kita meminta kertas bertulisan 1 kepada teman kita, maka teman kita akan segera merespons hal tersebut dan mencari kertas bertulisan 1 di dalam kotak yang dia miliki. Saat dia menemukan kertas bertulisan 1 tersebut, dia akan langsung memberikan kertas tersebut kepada kita agar kita bisa melihat isi  yang ada di dalam kertas tersebut. Lalu kemudian  ketika kita meminta kertas bertulisan 4 kepada teman kita tadi. Maka teman kita pun merespons hal tersebut dan segera mencari kertas bertulisan 4 di dalam kotak yang dia miliki. Namun yang terjadi adalah kertas bertulisan 4 tersebut ternyata tidak ada. Dan akhirnya teman kita pun memberitahukan kepada kita bahwa kertas bertulisan 4 tidak ada.

Nah begitu juga dengan httpd server yang merespons permintaan kita. Saat kita sebagai client meminta atau merequest sebuah URL dan ternyata URL tersebut tidak ada. Maka kita akan diberitahukan (di alihkan) ke halaman 404 atau page not found. URL tersebut biasanya telah di hapus oleh pemilik blog dan website tersebut. Terkadang  URL lama telah di ubah menjadi URL yang baru. Semoga kamu paham dengan penjelasan saya ini.

Kesimpulan saya tentang 404 atau page not found :
Biar kamu lebih paham mungkin saya bisa tuliskan penjelasan singkat yang ada di bawah ini.

404 atau page not found = halaman tidak ada atau  telah di hapus oleh pemilik blog atau website tersebut. Ada juga URL yang lama telah di ubah ke URL yang baru.

Client = kita sebagai pengguna web browser yang meminta halaman tersebut.

httpd Server =  sebuah server yang menerima permintaan halaman dari client. Bisa dibilang kita  punya URL contoh.com, lalu kemudian saat ada pengunjung yang datang melalui URL tersebut, httpd server lah yang mengurus semua permintaan mereka.

Nah semoga kamu paham dengan apa yang saya jelaskan disini. Saya berharap jika nanti kamu menemui page 404 not found, kamu sudah memahami hal tersebut. Demikian pembahasan kita tentang page 404 not found. Sampai bertemu lagi di artikel admin yang lain dan salam hangat dari admin.
Recent Posts

    2 comments:

    1. Terimakasih atas informasinya ^_^
      http://bit.ly/1adfGbW

      ReplyDelete
      Replies
      1. sama-sama mbak irma ^_^ semoga harimu menyenangkan

        Delete

    Masukkan Komentar anda disini. mohon maaf, Link Aktif yang ada di dalam komentar akan terhapus secara otomatis oleh system blog ini.
    komentar akan di tampilkan setelah disetujui oleh admin. terima kasih