Cara Membuat Game Secara Online

Hari ini kita akan membahas tentang cara membuat game yang mudah dan sederhana. Pembuatan game kali ini fokus dibuat secara online. Untuk membuat game secara offline menggunakan aplikasi flash dan sebagainya, akan coba saya tuliskan di artikel yang lain. Nah bagi kamu yang ingin membuat sebuah game, kamu bisa dengan mudah membuatnya secara online melalui situs-situs yang menyediakan pembuatan game online.

Sebagian  dari kita, pasti pernah memainkan sebuah game yang seru dan mengasyikkan. Tapi ada juga yang sebagian pernah berpikir tentang bagaimana cara membuat game seperti yang kita mainkan sekarang ini. Nah hal seperti itupun pernah terpikir
oleh saya. kemudian saya mencoba membuat game simple secara offline menggunakan aplikasi seperti game maker yang saya dapatkan langsung dari situs resminya. Saat sedang mencari aplikasi khusus untuk membuat sebuah game, admin menemukan sebuah website yang memberikan layanan untuk kita agar bisa membuat game yang seru dan hebat. Disitulah awal mula saya membuat game.  Nah kamu sudah dengar cerita dari saya. sekarang mari kita bahas cara membuat gamenya.

Untuk membuat sebuah game secara online. Kamu tidak harus mempunyai keahlian khusus seperti design, programming dan suara. Dengan fitur yang disediakan oleh pemilik website tersebut, kamu sudah bisa membuat game dengan mudah dan termasuk paling seru.  Yang kita butuhkan hanyalah sebuah komputer atau laptop dan koneksi internet (sebagian dari situs tersebut ada yang mendukung pembuatan game melalui epad/ipod).  Berikut ini adalah informasi situs yang menyediakan fasilitas pembuatan game secara online.

Cartoon Network
Nah pasti kamu belum tahu dengan yang satu ini. Di cartoon network, kamu bisa membuat game secara online dengan resource yang telah disediakan pemilik website tersebut.  karakter yang telah disediakan pemilik website tersebut adalah tokoh-tokoh yang ada di dalam serial tv cartoon network. Seperti finn, jake the dog, princess bubble gum dari adventure time dan lain-lain. Nah bagi kamu yang ingin membuat game secara online, silahkan kunjungi website www.cartoonnetwork.com dan pilih menu game creator di situs tersebut.

Sploder
Di website ini, kamu bisa membuat game sesuai kategori yang telah disediakan website tersebut. ada kategori  game classic, 3D sci-fi, platformer, dan lain-lain. Sayangnya untuk contoh game yang telah dibuat telah saya hapus dari blog ini. Namun bagi saya yang pernah membuat game di website ini merasakan pengalaman yang seru. Dan waktu itu juga banyak yang komentar kepada saya agar tetap melanjutkan kisah game tersebut. maklum saya waktu itu masih muda sekitar (20 tahun). Sekarang umur saya sudah 25 tahun. Jadi mungkin setelah saya selesai mengurus kesibukan yang ada, maka saya akan coba untuk membuat game lagi. Selain itu, saya juga pernah membuat game secara offline. Nah itulah cerita saya.  buat kamu yang ingin mengunjungi website tersebut, silahkan kunjungi www.sploder.com.

Silahkan pilih game yang ingin kamu buat sesuai dengan kategori masing-masing.
Sebenarnya masih banyak website/situs game yang menyediakan fasilitas membuat game secara online. Namun tidak semuanya bisa saya sebutkan disini.  Cobalah kedua website tersebut untuk membuat sebuah game,  kedua website tersebut sudah dicoba dan di uji oleh saya sendiri. Sungguh menyenangkan jika kita bisa membuat sebuah game apalagi sampai dimainkan oleh orang yang banyak.

untuk cara membuat game menggunakan aplikasi flash. kalian bisa ikuti saya melalui video yg saya buat di bawah ini.



kalau ada kesempatan, saya akan coba membuat lanjutan dari tutorial tentang cara membuat game menggunakan aplikasi flash. Demikian pembahasan kita tentang membuat game secara online. Terima kasih sudah membaca  di blog saya yang sederhana ini.

Comments