Memperbaiki Error Structure Data di Alat Webmaster (blog)

Saya yakin kamu kesini karena ingin memperbaiki error structure data yang ada di google webmaster seperti error updated, image error,  author hilang termasuk error blog id dan post id. Dan pasti kesalahan tersebut muncul di bagian hatom. Nah beruntunglah karena kamu tidak akan sia-sia kesini. Eits, apa yang kita bahas disini khusus untuk blog yang ada di blogger dan tentu saja hanya berlaku pada setiap posting. untuk laman statis, baca artikel saya tentang memperbaiki halaman statis yang hilang author (blog ). Mari kita mulai saja ya.
Update Terakhir yang ampuh menuntaskan kedua masalah: solusi perbaiki missing author dan updated

Untuk memperbaiki masalah yang terjadi pada structure data, kamu harus membuka template blog dan mengedit kode yang ada di template tersebut. tapi sebelum itu, kamu harus cek dulu kesalahan apa yang terjadi di webmaster.
Lihat contoh error di bawah ini.  Apabila kesalahan yang terjadi seperti yang saya sebutkan di bawah ini. Maka ikuti langkah-langkah saya untuk memperbaiki error tersebut.

Contoh error di webmaster structure data :

Error: Missing required field "updated"

Error: Page contains property "image_url" which is not part of the schema
Error: Page contains property "blogid" which is not part of the schema
Error: Page contains property "postid" which is not part of the schema

untuk hilang author akan saya bahas di artikel saya yang lain dikarenakan kode yang harus di ubah atau di tambahkan agak sedikit lebih panjang. Tapi sebagai saran. Ada baiknya kamu edit blog posting yang ada di menu tata letak sebelum melakukan pengubahan di template. Karena biasanya author atau posted by tidak kita centang sehingga mengakibatkan error. Kalau pengalaman saya waktu itu error karena sering memindahkan author dari atas artikel ke bawah. Nah jika ada error seperti itu, kamu bisa coba fitur kembalikan widget default dengan pilihan blog1 yang ada di edit Html. Ini agar author yang hilang kode bisa kembali muncul lagi. Lalu kemudian test di structure data google. Apabila tidak ada error pada author. Maka kamu bisa lanjutkan langkah-langkah di bawah ini untuk perbaikan yang lain.

Catatan : dengan menggunakan pilihan kembalikan widget default dapat mengakibatkan kode yang kita rubah kembali seperti semula. Maka dari itu sebelum mengikuti langkah-langkah di bawah ini, gunakan pilihan itu dahulu untuk memperbaiki author hilang di webmaster.

update: kode telah saya ubah untuk menghindari duplicate kode yang ada di template standar blogger.

Pertama buka template > edit Html di akun blogger kamu. pilih menu lompat ke widget dan pilih blog posting atau biasa nya widget tersebut bernama blog1. Cari nya satu per satu saja ya. Misalnya ketemu yang saya sebutkan, buka semat nya. Lalu Setelah itu cari lagi kode yang saya sebutkan, buka lagi. dapat kode terakhir yang saya suruh edit. maka Langsung di edit. Punya saya template standar asli dari blogger. Semoga saja kode nya sama dengan template kamu.

menu template
menu template

edit html template
edit html template

kode template blog
kode template blog

lompat ke widget blog1
lompat ke widget blog1

Buka semat kode yang tersembunyi di widget blog 1. Kalau tidak ketemu biasanya sudah terbuka atau template kita berbeda.  Cari  <b:includable id=’post’ var=’post’> dan buka lagi semat yang tersembunyi di dalam kode tersebut. Terakhir cari 4 kode dibawah ini.

kode tersemat menunjukkan tanda panah di bagian kiri
kode tersemat menunjukkan tanda panah di bagian kiri

<meta expr:content='data:post.firstImageUrl' itemprop='image_url'/>

Edit kode image_url menjadi image. Lalu simpan terlebih dahulu.
Kemudian Dibawah image pasti ada kode ini :

<meta expr:content='data:blog.blogId' itemprop='blogId'/>
<meta expr:content='data:post.id' itemprop='postId'/>

Hapus saja kedua kode tersebut. Itu yang menyebabkan blog id dan post id di data structure mejadi schema yang tidak valid.
Setelah itu gulir ke bawah untuk mencari kode di bawah ini.

<a class='timestamp-link' expr:href='data:post.url' rel='bookmark' title='permanent link'><abbr class='published' expr:title='data:post.timestampISO8601' itemprop='datePublished'><data:post.timestamp/></abbr></a>

Tambahkan kode span update di belakang kode <data:post.timestamp/>.  Hasil nya akan seperti dibawah ini.

<span class=’updated’><data:post.timestamp/></span>

updated 31/03/3015:

<a class='timestamp-link' expr:href='data:post.url' rel='bookmark' title='permanent link'><abbr class='published updated' expr:title='data:post.timestampISO8601' itemprop='datePublished'><data:post.timestamp/></abbr></a>

kode updated ditambahkan di bagian kode yang saya beri warna hitam. di akhir posting saya juga ada kode dari updated ini.

Kemudian simpan hasil template anda.
Sekarang kita tunggu beberapa hari bagi spider google (googlebot) mengunjungi kita (crawl). Apabila kesalahan sudah hilang. Maka kamu telah berhasil memperbaiki error structure data tersebut.
Sebenarnya kode-kode yang saya sebutkan diatas masih ada di tempat yang lain.  Ada 2  yang sama didalam kode template kita. apabila error sudah hilang hanya dengan cara memperbaiki 1 tempat dari 4 kode tersebut. Maka kita cukup memperbaikinya sampai disana saja. Tapi apabila masih error, maka ikuti langkah yang akan saya tuliskan di bawah ini. Sebelum itu, saya akan jelaskan kamu tentang kode yang satu ini. Pasti kamu berpikir kenapa ada 2 kode yang sama. Tenang saja, nanti juga mengerti setelah saya jelaskan. Mari kita mulai.

Bagian kode kedua ini sama karena kita mempunyai aksebilitas yang di sebut ponsel cerdas atau yang biasa kamu kenal sebagai Hp android, iphone dan epad(ipad). Nah maka dari itu, ada kode yang sama karena harus menampilkan 2 tipe halaman yang sesuai dengan tipenya sendiri. Dan itu yang harus di ubah jika masih terjadi error pada webmaster kita. mungkin karena googlebot mengakses tampilan seluler sehingga menemukan kode itu dan memberitahukan kepada kita tentang kesalahan yang sama dan malah mungkin lebih banyak error. Untuk itu ikuti langkah saya di bawah ini.

Catatan : karena kamu sudah tau kode tersebut dan juga tahu cara mengubah kode tersebut, maka saya hanya akan memandu kamu menemukan lokasi kode yang tersembunyi di bagian edit template tersebut. 

Ok, masih di tempat yang sama di bagian widget blog1, cari kode <b:includable id=’mobile-post’ var=’post’ >. Lalu kemudian buka semat untuk melihat kode yang tersembunyi. Kemudian cari dan lakukan hal yang sama seperti langkah kita yang diatas.

edit kode kedua untuk memperbaiki error
edit kode kedua untuk memperbaiki error

Jika tidak ketemu, untuk image_url sedikit berbeda dengan yang ada di post. Jadi kodenya seperti ini <meta expr:content='data:post.thumbnailUrl' itemprop='image_url'/> . temukan kode tersebut lalu edit.  Simpan template dan test di webmaster data structure kamu. jika tidak ada error, maka kamu telah berhasil sobat.

Catatan yang paling penting : berhati-hatilah dalam mengubah dan menambahkan kode di template kita. kesalahan ketik akan mengakibatkan error malah bertambah. Seperti yang pernah saya alami. Seharusnya saya ketik span class=’updated’. Tapi saya malah ketik span class=’update’ . akhirnya error structure data di blog saya malah bertambah. Ingat, updated bukan update.

update :
sebagai tambahan buat yang masih mengalami missing updated. silahkan hapus kode <span class="updated">  lalu kemudian tambahkan kode updated di dalam tag <abbr> di sekitar kode yang telah kita hapus sebelumnya. contoh lengkapnya lihat kode berikut.

<a class='timestamp-link' expr:href='data:post.url' rel='bookmark' title='permanent link'><abbr class='published updated' expr:title='data:post.timestampISO8601' itemprop='datePublished'><data:post.timestamp/></abbr></a>

lihat tulisan yang saya kasih cetak tebal. tambahkan seperti itu. lalu tunggu beberapa hari hingga error missing updated hilang.

khusus untuk error data structured google, saat kita uji kemudian menemukan error. silahkan baca tulisan saya yg baru di:

Cara mengatasi error data structured baru untuk blog

Demikianlah pembahasan kita tentang cara memperbaiki error structure data di webmaster khusus blogger. Semoga info yang saya berikan jelas dan mudah dipahami oleh kalian para pembaca blog ini. Terima kasih dan Sampai bertemu lagi di artikel admin yang lain.

Comments

  1. masalahnya begini gan, saya klik item kesalahan kemudian klik lagi uji data tayang peringatannnya pada person yang lain tidak ada masalah itu gimana penyelesaiannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh. iya mas person termasuk nama author. bagian schema org/person. ya kan? person fn author name.

      jika iya, cara yang sudah saya jelaskan di posting itu bisa memperbaikinya. namun untuk mengetahuinya kita harus menunggu beberapa hari atau minggu, karena update dari data struktur tidaklah instant. cek tanggalnya.

      Delete
  2. Nuhun kang infonya, ciyus deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 kang. mari dimari ^_^. semoga membantu.

      Delete
  3. Punyaku ada error di image, tapi bukan image_url.. Itu gimana ya min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya perlu tahu terlebih dahulu informasi error nya. kalau errornya ada tanda silang. ada 2 yg patut dicoba, pertama ialah melihat gambar tersebut menggunakan komputer atau device lain. yg kedua, bisa jadi gambar tersebut telah di hapus atau di blok. kalau menyimpan gambar di google plus. ada setting yg digunakan seperti umum, privasi. biasanya set privasi akan membuat seluruh gambar yg ada di blog hilang dan bertanda silang. semoga membantu.

      Delete
  4. Setelah diperbaiki masih muncul pesan error di Webmaster ...., berarti musti tunggu dalam beberapa hari lagi dunk .... ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. menunggunya biasanya 3 hari saja. paling lama 1 minggu. tapi jika masih error. berarti ada yg masih belum benar di kode kita. jadi pastikan benar. maka dalam 3 hari pasti error akan hilang.

      Delete
  5. Pusyang min, ane kagak ngerti

    Yang ane tahu adalah, blog ane mengalami hal kayak beginian

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak usah pusing dan bimbang bang yusuf, hehehe
      kalau boleh jujur, blog saya yg satunya juga banyak error. malahan error 404 jg banyak. tapi ya tetap saja terkenal. yg penting itu sebenarnya adalah blog mas yusuf harus kompatibel. bisa di buka melalui handphone, smartphone dan sebagainya. orang senang baca, hati pun senang. maka bakal rame. nah contohnya blog lama saya dulu. hampir beberapa tahun tidak saya update. tapi tetap saja rame. kecuali saya pindah domain kemarin.

      yg penting mau berusaha, serta memberikan informasi yg kita tahu saja bukan asal2an ^_^ ok.

      Delete
  6. Makasih walaupun masih bingung tapi artikelnya sangat membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga saja kita bisa belajar bersama2 bang dan bermanfaat bagi semua.

      Delete
  7. Hallo mas salam kenal (^-^) mohon bantuannya saya sedang mengalami eror struktur data x image pada halaman home page blog saya gudang-pengetahuanmu.blogspot.com yang menggunakan fitur readmore otomatis dan ke 10 potongan artikel sy yg tampil di homepage semuanya didapati error x image sebagai berikut :

    x image : https://2.bp.blogspot.com/-tlKSeGWtBEE/V2qkyEkr-PI/AAAAAAAABBo/aS3F2nOKy4EpgwYNY6x6gy8R8rKn31BgQCLcB/s1600/Kontes%2BBlog%2BTerbaru%2BPeriode%2B7%2BJuni%2B-%2B5%2BJuli%2B2016.png (Atribut itemtype memiliki nilai yang tidak valid.)

    mohon pencerahannya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mari saya bantu bang Darwin, pertama bang darwin harus paham dengan edit template yg ada di menu template/theme. buka fitur menu tersebut, lalu pilih edit HTML. setelah itu, cari kode yg ada di bawah ini.

      b:includable id='post' var='post'>.../b

      kemudian, buka semat kode tersebut dan tepat dibawahnya bang darwin akan menemukan kode ini.

      div class='post hentry' itemprop='blogPost' itemscope='itemscope' itemtype='http://schema.org/BlogPosting'

      b:if cond='data:post.firstImageUrl'
      <meta expr:content='data:post.firstImageUrl' itemprop='image'
      /b:if

      lihat kode tersebut ada tulisan image, ubah atau tambahkan menjadi image_url. seperti ini.

      b:if cond='data:post.firstImageUrl'
      <meta expr:content='data:post.firstImageUrl' itemprop='image_url'


      jgn lupa di simpan dan beres. maka tidak akan error lagi.

      semoga membantu ^_^

      Delete
    2. hallo mas, sebelumnya saya ikuti tutorial cara untuk mengatasi error struktur data di blog http://mascholis7.blogspot.co.id/2016/04/cara-terbaru-memperbaiki-struktur-data-blog-yang-error.html

      beberapa error lain terselesaikan, tetapi error image tidak selesai dan seperti yg telah saya tanya diatas.

      untuk solusi dari mas telah saya coba, kode itemprop saya isinya 'url' saya ganti dengan 'image_url' sesuai petunjuk mas surya tetapi error image tidak selesai malah tambah error lain image_url dan url. berikut struktur kode di template sya :


      div class='post hentry' itemprop='blogPost' itemscope='itemscope' itemtype='http://schema.org/BlogPosting'>

      div itemprop='image' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/ImageObject'>
      meta expr:content='data:post.firstImageUrl' itemprop='url'/>
      meta content='700' itemprop='width'/>
      meta content='700' itemprop='height'/>
      /div>


      apa lagi mas surya yg hrs saya perbaiki ? mohon bantuannya

      Delete
    3. buat bang darwin, sepertinya ada update baru dari schema org, jadi saya akan pelajari lagi untuk sementara waktu. akan saya kabari jika sudah selesai lewat komen ini ok. sekalian memperbaiki error image milik saya juga yg baru saja di cek td. doakan saya. ^_^

      Delete
    4. ok bang jamil. setelah saya pelajari, hanya sedikit yg di ubah.

      pertama ubah kode

      div class='post hentry' itemprop='blogPost' itemscope='itemscope' itemtype='http://schema.org/BlogPosting'>

      hapus kode itemscope='itemscope', maka error akan hilang kecuali untuk error image. karena kode yg saya lihat masih =image, ubah menjadi image_url seperti sebelumnya yg telah saya jelaskan. semoga membantu.

      Delete
    5. Error sudah di atasi. silahkan baca posting saya yg baru. semoga membantu bang untuk error data structured di google. silahkan di uji kembali.

      http://uyasur.blogspot.com/2016/07/mengatasi-error-structured-data-baru.html

      Delete
    6. Terima kasih banyak mas Muhammad Surya Darmawan, tips work - error blog saya terselesaikan (^-^).

      Klo boleh tahu google adsense diblog uyasur ini akun hosted atau non host mas ? + Bagi tipsnya dong biar saya juga bisa full approve jadi publisher adsense mas soalnya ngk tembus-tembus permohonan google ads saya.

      Jadi saat ini saya gandeng mitra ads lain BidVertiser - PopCash -Yllix . Lumayan mas PO nya perbulan mas dari blog saya dgn rata 1000 pageview per hari (BidVertiser +- $20) - (PopCash +- $15) - (Yllix +- $5) (kan lumayant mas gajian bulannannya) hehe. Mengingat 3 publisher ini bisa diajak jalan bersama-sama mas dalam 1 blog.

      Untuk blog uyasur krn gandeng google ads yg peraturannya akak ketat, mas surya cobain gandeng publisher PopCash aja mas, iklannya cuma popup task aja 1 kali tampil perhari peruser jadi tidak bakalan ganggu kenyamanan pengunjung mas dan menurut sy PopCash ini memberikan pembagian bayaran paling tinggi dari ads popup lainnya. Bisa cek diblog saya mas klo berkenan kumbal lewat akun Google plus dari akun yg saya gunakan untuk komen ini juga bisa.

      Silahkan lihat terlebih dahulu mas surya berikut link popcash. karena link aktif tidak aktif jadi klik kanan pilih open new tap aja mas (^-^) saya yakin pasti menjanjikan penghasilannya buat blog uyasur yg di klola mas surya ini.

      https://popcash.net/home/119762

      Sekali lagi thanks mas Surya buat bantuannya (^-^) .

      Delete
    7. Wah mas Darwin, saya sangat hargai tawaran dari bang darwin, namun saat ini saya tidak berani untuk menambahkannya dgn yg lain, takut di ban nanti. dan untuk blog ada peraturan kalau harus berumur lebih dari 6 bulan agar diterima. kalau dari pengalaman saya sendiri, saya harus menjaga tulisan dan kata2 yg termasuk dalam kategori tidak baik (mas pasti tahu sendiri) dan juga tentang masalah bajakan, ada baiknya kita minta ijin dulu dengan pemilik aplikasi tersebut agar nantinya tidak bermasalah jika memang gratis. lalu dari pengalaman saya sendiri, saya memulainya dari mendaftar di youtube, lalu kemudian mendaftarkan blog saya yg lama dengan domain gratis dari freenom yaitu dot cf. sekarang domain tersebut telah expired, jadi segera saya ubah kembali menjadi blog. dan untuk saat ini blm ada masalah, namun saya blm tahu kedepannya nanti. doakan saja agar tidak mendapat masalah, walaupun lambat tapi pasti, dan memang google menyarankan kepada kita agar tidak terlalu fokus, yg jelas kerjakan saja hobi kita walaupun tidak sering update blog. kira2 begitu mas. semoga membantu ya ^_^ . kalau saya ditegur, ya mungkin komen saya ini akan dihapus oleh saya sendiri. hehehe

      Delete
    8. oh ya, untuk data structured webmaster google, ternyata cara di tulisan saya yg baru juga telah menyelesaikan masalah tersebut. saat ini saya sedang meneliti penyebab sitemap index yg turun dan telah ditemukan beberapa hal yg mungkin akan saya tuliskan lagi di post yg lain.

      Delete
  8. terima kasih gan saya coba mengikuti cara agan ternyata sukses sudah tidak ada eror lagi ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 bang. jika ada error yg baru, silahkan cek tulisan saya yg baru ya bang borneo. beberapa bulan ini ada perubahan pada struktur data sehingga saya coba untuk tuliskan lagi setelah beberapa kali memperbaiki blog saya. dan selamat mencoba ^_^

      Delete
  9. Bang Muhammad Surya Darmawan, thank you error terselesaikan. Tapi masih ada yang bingung, yaitu di bagian "warning". Cari sana sini blm ketemu, bisa bantu gan ? hehe.. Warning nya di bagian dateModified, Image, mainEntityOfPage

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, saya sudah tuliskan permasalahan yg baru bang adit, silahkan cek tulisan saya yg baru. semoga errornya bisa hilang.

      http://uyasur.blogspot.com/2016/07/mengatasi-error-structured-data-baru.html

      itu analisa dan error yg telah saya perbaiki sendiri. saya agak lupa kapan saya perbaiki error tersebut. tapi semoga yg satu ini bisa menyelesaikan permasalahan baru seperti main entity of page. ok ^_^

      Delete
  10. masih susah susah gampang gan,,, soalnya tiap template selalu beda beda

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar kata gan rama. sebagai info, untuk cara ini hanya sedikit yg masih berfungsi gan rama. karena ada update baru di schema org. jadi saya jg sudah tuliskan penjelasan yg baru. silahkan di cek di

      http://uyasur.blogspot.com/2016/07/mengatasi-error-structured-data-baru.html

      Delete
  11. sekian lama muter2 nyari baru ketemu hari ini disini, semua kesalahan bisa teratasi, tinggal satu yg bandel gak mau ilang :
    X (tanda silang merah) keterangan :Atribut logo.height memiliki nilai yang tidak valid.

    ReplyDelete

Post a Comment

Masukkan Komentar anda disini. mohon maaf, Link Aktif yang ada di dalam komentar akan terhapus secara otomatis oleh system blog ini.
komentar akan di tampilkan setelah disetujui oleh admin. terima kasih